News and Event

Pertamina EP Gandeng Pratiwi Putri Sulung Bangun Fasilitas Produksi dan Injeksi Lapangan Jirak

Ini satu lagi cara PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas, dalam meningkatkan produksi minyak dan gas bumi. Bekerja sama dengan PT Pratiwi Putri Sulung, Pertamina EP menandatangani Perjanjian Pembangunan Fasilitas Produksi dan Injeksi Lapangan Jirak. Nanang Abdul Manaf, Presiden Direktur PT Pertamina EP, mengatakan Lapangan Jirak akan dikembangkan sebagai pilot project EOR waterflood di Pertamina EP.

“Melalui pengembangan proyek EOR struktur Jirak dan penerapan waterflood fullscale fase 1 dengan metode primary, diharapkan struktur ini mampu meningkatkan cadangan dan produksi Pertamina EP,” ujar Nanang dalam keterangan tertulis yang diterima Dunia-Energi, Sabtu (9/3).

Nanang mengatakan Pertamina EP selalu berupaya untuk meningkatkan angka produksi. Tugas Pertamina EP adalah mendukung ketahanan energi nasional, maka diperlukan spirit serta sinergi dalam mengerjakan Rencana Kerja yang sudah disepakati.

“Membangun spirit diawal dan kita juga harus meminimalisir tantangan kedepan, jangan biarkan permasalahan yang ada menghalangi rencana kita di kedepannya” ujar Nanang.

Dia juga mengatakan langkah yang kita awali dengan baik diselesaikan dengan baik juga, safety first yang selalu dikedepankan pada proses bekerja. “Zero accident, zero fatality hal itu yang harus dilekatkan di semua pekerja, kita memulai dengan baik dan berakhir juga dengan baik” katanya.

Lapangan Jirak berada di area Pendopo Field Pertamina EP Asset 2 di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Lapangan ini akan dikembangkan sebagai proyek percontohan EOR waterflood di Pertamina EP.  (RA/dunia-energi.com)


Dikutip dari https://www.dunia-energi.com/pertamina-ep-gandeng-pratiwi-putri-sulung-bangun-fasilitas-produksi-dan-injeksi-lapangan-jirak/

Read more

Acara Temu Pelanggan Direktorat Metrologi

PT. Pratiwi Putri Sulung diundang secara khusus oleh direktorat metrologi dalam acara Penetapan dan peresmian pasar tertib ukur & daerah tertib ukur dan peresmian unit metrologi legal serta kegiatan temu pelanggan, yang diresmikan oleh Bapak Menteri Perdagangan acara ini diselenggarakan di Hotel El Royale Bandung Desember 2018 silam. Pada event ini PT. Pratiwi Putri Sulung juga diminta seacara khusus oleh direktorat Metrologi agar mendirikan stand untuk memperkenalkan profil perusahaan serta beberapa produk keagenan dan jasa dari PT.Pratiwi Putri Sulung.

Read more

Jaringan Gas Rumah Tangga, Probolinggo – Jawa Timur

PT.Pratiwi Putri Sulung sebagai kontraktor pelaksana untuk pembangunan Jargas rumah tangga kabupaten Probolinggo Pada tanggal 12 September 2018, proyek dari Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) ini sudah memasuki tahap pengaliran Gas di beberapa rumah di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Beberapa rumah warga di area ini sudah dapat menikmati aliran gas tersebut.

Read more

Project Update: Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Saat ini proyek PLTS berkapasitas 3 MW yang berlokasi di PT.Badak NGL, Bontang Kalimantan Timur sudah masuk pada tahap comissioning atau pengujian. Listrik yang dihasilkan dari PLTS diperuntukkan guna membantu memenuhi kebutuhan listrik di area Badak di Bontang Kalimantan Timur. Proyek ini merupakan kerjasama antara PT Pertamina Power Indonesia dan PT Badak NGL, dan PT.Pratiwi Putri Sulung sebagai Kontraktor pelaksana pada project ini.

Read more

PPS AWALI TAHUN 2018 DENGAN PROYEK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

PT Pratiwi Putri Sulung menjadi pemenang dalam Pengadaan pekerjaan “Jasa Pengadaan dan Pemasangan PLTS di Lokasi PT Badak NGL” sesuai dengan Berita Acara tentang Usulan Penetapan Pemenang No. BA-2460/l20300/2017-S7 tanggal 12 Desember 2017.

Selain itu, PT Pratiwi Putri Sulung juga memenangkan Paket Pekerjaan “Pengadaan Lampu Tenaga Surya Portable (Ulitium Lightkid 3) Dalam Rangka Penanganan Darurat Bencana Erupsi Gunung Agung di Wilayah Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Semoga kedua proyek ini menjadi awal yang baik bagi PT Pratiwi Putri Sulung yang ingin memberikan solusi terbaik dalam bidang Energi Terbarukan (PR).

Read more

PROJECT UPDATE – PENGADAAN KONVERTER KIT

Berdasarkan pengumuman Tender Pertamina No.UM-1372/K20320/2017-S7, PT. Pratiwi Putri Sulung memenangkan penawaran pekerjaan “Penyediaan, Pendistribusian, & Pemasangan Paket Perdana LPG untuk Kapal Perikanan Bagi Nelayan Kecil Tahun 2017” untuk Zona 1.

Dalam penyediaan Paket Perdana LPG untuk Kapal Perikanan ini, PT. Pratiwi Putri Sulung bekerja sama dengan PT. Kian Santang yang merupakan perusahaan fabrikasi Konverter Kit dengan merek Amin Ben Gas (ABG). Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan ini selama 105 (seratus lima) hari kalender terhitung sejak pengumuman dikeluarkan.

Read more

Dukung Program Pemerintah Bangun Jaringan Gas

Penggunaan gas memang belum terlalu dirasakan manfaatnya oleh sebagian masyarakat, akan tetapi pembangunan jaringan terus dilakukan pemerintah maupun swasta berguna untuk investasi jangka panjang.

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Engineeing Procurement Company (EPC) pada jaringan gas menyebut, pembangunan jaringan gas saat ini memang belum dirasakan dampaknya oleh masyarakat, akan tetapi lihat untuk beberapa tahun ke depan.

Business Development Manager PT Pratiwi Putri Sulung, Yossy Yacob mengungkapkan, pihaknya telah berkecimpung sejak 1987. Pihaknya telah mengerjakan sejumlah jaringan pipa gas dan stasiun penyaluran gas yang berlokasi di seluruh Indonesia.

“Terakhir bangun jaringan gas di Luwuk, Tomori, Sulawesi Tengah. Di sana dibangun station gas termasuk alat meternya yang dipakai sebagai alat ukur, untuk disuplai ke pabrik amonia,” ungkap Yacob kepada listrikindonesia.com di Senayan, Jakarta (13/07).

Selain itu juga, pihaknya juga membangun city gas yang merupakan jaringan dari sumur gas yang disalurkan untuk keperluan rumah tangga. “Skemanya, dari pipa transmisi disambung MRS pipa, baru kita bangun pipa distribusinya, distribusi ke rumah tangga sampai meteran gas nya, dan sampai ke kompor,” tambahnya.

“Terakhir kita bangun di jaringan gas rumah tangga Lhokseumawe, Aceh, untuk 4.000 Kepala Keluarga (KK),” sambungnya.

Ia mengungkapkan, salah satu kesulitan dalam membangun jaringan gas rumah tangga yakni, terkait dengan masalah perizinan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan masyarakat lokal. Akan tetapi, semua itu berjalan terselesaikan dengan pendekatan dan sosialisasi dengan Pemda dan masyarakat sekitar mengenali pembangunan jaringan gas rumah tangga manfaatnya untuk ke depan, ketimbang menggunakan gas elpiji.

Di samping harganya yang kian tinggi, gas elpiji juga terkadang sulit untuk didapatkan. Hal ini beda dengan jaringan gas yang dibangun langsung didistribusikan ke rumah tangga.

“Dengan menggunakan sistem meteran seperti meteran listrik, penggunaan meteran gas juga dapat meminalisir harga gas, dan rata-rata pemakaian gas untuk rumah tangga tidak sampai Rp100 ribu sebulan,” imbuhnya.

Salin itu, lanjut Yacob, lebih aman menggunakan jaringan gas rumah tangga dibanding elpiji. “Sering kita dengar dalam berita, tabung gas elpiji meledak. Jaringan gas dibangun untuk meminalisasikan kejadian seperti itu,” tandasnya. (GF)

Source : http://listrikindonesia.com/dukung_program_pemerintah_bangun_jaringan_gas_2668.htm

Read more

PT. PRATIWI PUTRI SULUNG ON THE 41 st IPA CONVENTION & EXHIBITION 2017

In the year of 2017, Pratiwi Putri Sulung has attend the event for the  fifth  times. Indonesian Petroleum Associations (IPA) Convention and Exhibition  is the most prominent oil and gas event in Indonesia. This year, IPA has a theme:  “Accelerating Reform to Re-Attract Investment to  Meet the Economic Growth Target”.  Our objective of  attending the event is to show our company, introduce new products, and spread our market.  We firmly believe that by attending the event we will meet potential customers  for the future business relation.

In this year,  our company  showed  the mock-up of  MRS  and Sulung Meter  with the purpose of showing it to customers who doesn’t know our company’s scope of business. We also bring the display of our premium products, one of them are Honeywell products.

By attending this event, we have meet our objectives and achieve good outcome from it. We met potential customers and a lot of people come to visit our booth because we have nicely displayed our  new products and mock ups.  By displaying the products, people  come to our booth with the curiosity and asking about the function of every products. Some expert that come to our booth, told us that they are interest the products.  Some stakeholders being our potential customers. We believe that by attending this event, we have spread opportunity for our business.

Read more